KONSERVASI PANTAI SRAKUNG

wawan 10 April 2023 10:15:27 WIB

Minggu (19/01/2023) komunitas bonsai oleng Gunungkidul melaksanakan kegiatan penanaman sebanyak 160 bibit pohon cemara udang dan kelapa di Pantai Srakung untuk mendukung upaya mitigasi abrasi. 

 

Kegiatan dimulai di Balai Padukuhan Nujo dengan dihadiri TNI AL Sadeng, Panewu juga DPD Perhiptani Girisubo,  SAR LINMAS wilayah operasional 1 dan pamong kalurahan pucung serta masyarakat Padukuhan Nujo. 

 

Penanaman bibit ini adalah untuk mendukung upaya mitigasi abrasi pantai, banjir rob, ombak tsunami serta mengurangi polusi udara atau sebagai upaya perlindungan lapisan ozon. Cemara laut merupakan tanaman yang dapat tumbuh di pesisir serta digunakan sebagai tanaman rehabilitasi lahan dan konservasi tanah berpasir. 

 

Tanaman ini dapat menahan angin kencang, hempasan ombak laut, dan terpaan pasir di sekitar pantai. Selain itu, tanaman ini juga menjadi habitat bagi satwa-satwa tertentu. Satwa atau binatang-binatang tersebut sangat peka terhadap tanda-tanda alam, salah satunya adalah tsunami. 

 

Dengan memahami perilaku satwa-satwa tersebut, kita dapat meprediksi datangnya bencana tsunami. 

 

Selain manfaat tersebut, penanaman bibit pohon juga akan menjadikan suasana pantai yang rimbun dan sejuk, juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata alam. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar