Tradisi Unik "Unduhan" Ikan Telaga

10 Mei 2022 11:35:54 WIB

desapucung.gunungkidulkab.go.id - Pucung. Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, ada satu tradisi unik yang dilakukan warga Padukuhan Pucung, Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo, yaitu tradisi "unduhan" ikan di telaga.

 

Sabtu (07/05/2022), tradisi unduhan ikan yang dilakukan di awal bulan syawal pada kalender Islam ini sebagai bentuk ungkapan syukur warga yang kembali dalam keadaan suci.

 

Tradisi unik ini diikuti hampir seluruh warga Padukuhan Pucung yang terdiri dari 2 RT, tidak terkecuali ibu-ibu hingga anak-anak.

 

Air telaga yang sudah mulai menyusut akibat musim kemarau memudahkan mereka menangkap berbagai ikan, mulai dari ikan tawes, tumbro, nila hingga udang kecil.

 

Mereka membawa berbagai peralatan menangkap ikan, mulai jaring kecil hingga alat sederhana seperti tutup hidangan makan maupun kukusan (alat penanak nasi).

 

Salah seorang warga, Suyatno mengaku datang bersama anaknya untuk mengikuti tradisi ini. Ikan yang berhasil ditangkap akan digunakan untuk santap makan siang.

 

"Lumayan, keno nggo lawuh rolasan," lumayan bisa untuk lauk makan siang, katanya, sabtu (07/05/2022).

 

Dia mengatakan, setiap ada unduhan selalu mengikuti tradisi ini, Ikan yang didapatkan cukup mudah karena telaga sudah surut.(sp)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Feed IG

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Youtube